Komutta v 0.5

Hari kami mengupdate salah satu aplikasi kami di Android market, Komutta versi 0.5. Untuk versi kali ini perubahannya cukup siginifikan, dan akan saya bahas satu persatu.

1. Theme Dan Icon

Ada perubahan yang cukup besar untuk release kali ini, yang pertama kali terlihat adalah perubahan logo untuk launcher. Selain itu, themes Komutta berubah secara total. Themes saat ini dipilih dalam rangka mendukung gerakan ‘Go Green’-nya jakarta 🙂 Warna hijau dan putih mendominasi menu-menu yang ada di versi ini.

2. Action Bar

Untuk fungsionalitas, perubahan yang pertama dirasakan adalah adanya Action Bar. Dengan action bar yang selalu ada di bagian atas, maka pengguna akan dengan mudah melakukan navigasi di dalam komutta.

3. Perubahan Menu KRL

Kami juga merombak Menu KRL yang ada di release sebelumnya. Struktur database dibuat agar data KRL bisa ditampilkan mirip dengan data Busway. Sehingga dengan perubahan ini, data KRL dapat di akses dengan mudah dan lebih intuitif.

4.  Favorit

Tambahan fitur baru di release ini, daftar favorit. Umumnya orang hanya menggunakan beberapa rute tertentu saja dalam ‘komutte’ sehari-hari di Jakarta.  Tetapi bisa jadi rute ‘komutte’-nya tidak terbatas di satu jenis transportasi saja. Sebagai contoh, bisa jadi seseorang menggunakan Transjakarta dan KRL dalam rute ‘komutte’ sehari-harinya. Untuk itulah kami menyediakan menu favorit. Sehingga rute-rute yg sering dipergunakan bisa disimpan dan ter-customize untuk masing-masing individu.

5. Menu Baru : Taxi and Patas AC

Ada Tambahan dua buah menu baru yang kami berikan di release ini, Taxi dan Patas AC. Untuk Taxi, pengguna dapat melihat daftar Taxi yang beroperasi di Jakarta, selain itu terdapat No Telp untuk masing-masing pengelola Taxi. Dan dengan kemudahan android, untuk me-reserve Taxi-taxi tersebut hanya dibutuhkan satu buah Tap saja 🙂

Menu Patas AC berisi daftar patas AC yang beroperasi di Jakarta. Kita bisa mencari berdasarkan nomor Patas AC, untuk mengetahui rute yang di lewatinya. Atau berdasarkan lokasi, kita dapat mengetahui Patas AC dengan Nomor berapa saja yang melewati lokasi tersebut.

Perubahan menu lainnya, tidak ada lagi menu untuk GMap seperti versi sebelumnya. Menu tersebut sekarang sudah menjadi bagian dari action bar di dalam menu Trans Jakarta.

6. Hasil Search di atas  GMap

Salah satu permintaan yang banyak kami terima di versi sebelumnya, adalah bagaimana menampilkan hasil search dari rute transjakarta di atas Google Map. Untuk release ini, kami memberikan versi awal dari fitur tersebut. Sekarang, jika salah satu item di hasil search di Tap. Maka otomatis shelter yang terkait dengan Item tersebut akan ditampilkan di atas GMap.

Ini adalah versi awal, jadi hasil yang ditampilkan bersifat Non-smooth. Tidak seperti rute keseluruhan koridor Trans Jakarta yang sudah benar-benar mengikuti jalur jalan Trans Jakarta.

7 . Rute Alternatif

Dan yang terakhir, Rute Alternatif. Untuk beberapa rute Trans Jakarta, terdapat rute alternatif. Jika rute yang dipilih ternyata memiliki rute alternatif, maka rute ini dapat di akses melalui menu alternate dibagian bawah search result.

Mudah-mudahan update kali ini membuat komutta semakin berguna bagi rekan-rekan. Dan jangan lupa untuk tetap mendukung kami 🙂

 

This entry was posted in Komutta. Bookmark the permalink.

6 Responses to Komutta v 0.5

  1. robotijo says:

    Tetep semangat mas!

  2. Ariefaldi says:

    I like it

  3. Pingback: Komutta, Aplikasi Untuk "Commuter" | just daily life | blog

  4. Pingback: 2010 dalam untaian kata « Life is like that …

  5. maaf mas mau tanya, kalau kelebihan dan kekuranganya gmna ya mas, maaf rada gaptek ni……

Leave a comment