Cinemator 0.8.9

Update untuk salah satu aplikasi kami, Cinemator. Untuk saat ini Cinemator belum ada di android market, untuk mempergunakannya bisa mengambil melalui halaman download kami. Atau mempergunakan QR Code yang ada di post ini. Berhubung ini kali pertama Cinemator muncul di blog ini. Saya akan memberikan sedikit step-by-step introduction. Untuk release ini, kami menganjurkan untuk melakukan clean install.

Introduction

Setelah mendownload dan menginstall Cinemator melalui dua step di atas. Pada saat pertama kali menjalankan Cinemator maka akan terlihat tampilan utama cinemator. Saat ini layar tidak berisi apa-apa. Yang pertama kita perlu lakukan adalah memilih kota dimana kita berada. Caranya dengan men-tap tombol settings seperti ditunjukkan di gambar, pilih menu city, lalu akan tampil daftar kota yang mungkin dipilih. Pilih salah satu kota, misalnya jakarta. Tekan tombol back untuk kembali ke menu utama, maka proses sinkronisasi akan dijalankan secara otomatis.

Satu hal yang perlu diperhatikan, setelah aplikasi menerima response dari server. Maka sisa proses sinkronisasi akan berjalan di background. Selama proses ini berlangsung Cinemator akan menampilkan ikon notifikasi seperti pada gambar. Walaupun Cinemator sudah bisa dipergunakan, kami menyarankan untuk menunggu proses sinkronisasi selesai secara keseluruhan. Yaitu ditandai dengan hilangnya ikon notifikasi dari status bar.

Sinkronisasi Otomatis (Beta)

Perubahan paling besar yang terjadi di release ini adalah perubahan arsitektur. Pada release ini kami menghilangkan splash screen dan memindahkan proses sinkronisasi ke sebuah service agar dapat berjalan di background. Bagi yang tertarik dari sisi teknikal, bentuk arsitekur yang baru dapat dilihat dalam diagram berikut.

Dengan arsitektur baru ini,  sinkronisasi dapat dilakukan di background, tanpa perlu melakukan blocking pada seluruh proses sinkronisasi. Bahkan, sinkronisasi dapat pula terjadi saat pengguna tidak sedang menjalankan aplikasi Cinemator. Berhubung arsitektur ini masih sangat baru, masih diperlukan waktu sampai kami dapat mengatakannya benar-benar stabil. Untuk mengaktifkan sinkronisasi otomatis, cukup dengan men-toggle satu pilihan di bagian setting aplikasi Cinemator.

Fitur tambahan

Selain perubahan arsitektur, dan sinkronisasi otomatis. Release kali ini juga menambah beberapa fitur untuk kemudahan pengguna Cinemator :

  • Daftar playing at sekarang terhubung ke informasi theater tempat film itu diputar.
  • Daftar film di theater sekarang terhubung ke movie detail dari film tersebut.
  • Penambahan tombol theater di action bar
  • Alur registrasi , sign in, logout yang baru untuk mengatur profile pengguna
  • Menambahkan fitur edit untuk review film.
  • Bug Fix untuk NPE saat film yang dicari tidak ditemukan
  • Menghilangkan keperluan untuk splash screen
  • Notifikasi saat proses sinkronisasi sedang berjalan di background

Semoga anda puas dengan release kali ini🙂

PS : Akses point beberapa perusahaan mempergunakan proxy ber-password untuk terhubung ke internet.  Terkadang hal ini dapat meyebabkan beberapa masalah. Jika anda gagal mendownload atau melakukan sinkronisasi. Coba pergunakan koneksi 3G dari operator anda.

This entry was posted in Cinemator. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s