The Long Haul …

Akhirnya punya waktu juga untuk ngisi blog MReunion, sesibuk itukah saya ? Atau cuma akal-akalan aja biar kelihatan sibuk :P  Well, let me start from the beginning then🙂

Semua dimulai sekitar tiga minggu yang lalu, saat nama MReunion pertama kali muncul di Daily Social. Waktu itu, kita merasa survey android yang dibuat oleh MReunion perlu di sampaikan ke crowd yang lebih luas. Selain orang-orang yang ada di komunitas, kita yakin pengguna android yang ada di indonesia jumlahnya jauh lebih banyak. Yang kami harapkan, dengan adanya data pengguna Android di indonesia, maka penetrasi penggunaan android di indonesia bisa jauh lebih baik lagi.

Ide itu lah yang menjadi awal pembicaraan kami dengan daily social. Sebuah langkah impulsive yang entah bisa dibilang gagal atau sebuah keberuntungan besar🙂 Kalau dilihat dari pertambahan user yang melakukan survey, jumlahnya tidak bertambah secara signifikan. Kami memang tidak memiliki target tertentu, hanya ekspos terhadap survey tersebut yang kami butuhkan. Survey ini sendiri akan selalu ada di website MReunion. Seiring waktu kami harapkan semakin banyak pengguna android yang berinisiatif untuk mengikuti dan menyebarkan survey ini. Tetapi ternyata di luar hasil tersebut, kami mendapat efek samping tidak terduga yang cukup besar. MReunion ter-ekspose ke dunia StartUp di indonesia.

Sebetulnya hal ini agak di luar rencana kami. MReunion yang masih berbenah-benah, membangun infrastruktur yang menjadi basis dasar untuk perkembangan kami di masa depan, tiba-tiba terekspose sebagai sebuah StartUp Android lokal😀

If you can’t eat them, join them.

Kata-kata yang begitu nyata. Walaupun tidak terduga, momentum yang didapat rasanya sayang kalau dibiarkan berlalu begitu saja. Dari situ mucullah sebuah ide impulsive lain, untuk mempercepat proses yang ada di internal MReunion dan mengikuti momentum yang ada.

Hasilnya, kami berhasil  me-release sebuah aplikasi baru, Jakarta Trans. Aplikasi yang masih dalam tahap initial release, menampilkan rute sederhana tentang jalur trans jakarta. Empat hari kemudian Rhama me-release versi pertama dari KoinKulator. Diikuti oleh update 0.2 empat hari kemudian. Dan akhirnya 9 hari kemudian Cinemator me-release versi 0.7. Di versi ini pula saya memperkenalkan sebuah system DVS (more on this later) kepada pengguna Cinemator.

Mengatur 2 proyek sementara tetap melakukan development untuk cinemator (client-server) serta melakukan update MReunion. Ternyata benar-benar membutuhkan dedikasi yang benar-benar tinggi. It feels like having two full time job. Waktu 24 jam dalam sehari tidak lah cukup. Belum lagi mengatur hal-hal yang sifatnya non-teknis tapi penting bagi perkembangan MReunion.

So, I guess I’m not lying when i say I’ve been busy😀 Over haul yang dilakukan dalam waktu sesingkat itu bisa dibilang cukup lumayan.  Menyenangkan untuk sekali-kali bisa impulsive, mengikuti momentum yang terjadi, dan mendorong diri kita sejauh mungkin mengejar passion yang kita miliki.

Sekarang hal tersebut sudah selesai, melelahkan tetapi juga menyenangkan melihat hasilnya. Dan sekarang kami bisa bergerak dengan pace yang lebih teratur. Meluangkan lebih banyak waktu untuk memperbaiki tampilan, memperbanyak kontent blog, dll.

But be sure, that we will keep moving forward and give you surprises at the right time😀

~Enjoy

This entry was posted in MReunion. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s